Final Piala Dunia 2014 (edisi I)

10 Jul 2014

Putaran piala dunia sudah hampir menuju puncak yakni pertandingan final antara Jerman dan Argentina dan perebutan juara ke-3 antara tuan rumah Brazil melawan Belanda.

Sebelumnya kita review beberapa pertandingan final beberapa piala dunia dan ‘final kedua’ alias perebutan juara ke-3 beberapa piala dunia yang lalu (piala dunia 2002, 2006 dan 2010).

PD 2002Piala dunia 2002 yang dilaksanakan di dua negara benua Asia yakni Korea Selatan dan Jepang, empat negara yang masuk ke semifinal adalah Brazil, Jerman, Turki dan tuan rumah Korea Selatan. Pada pertandingan semi final pertama Jerman berhasil menaklukkan tuan rumah Korea Selatan dengan skor tipis 1-0 melalui gol yang dihasilkan oleh Michael Ballack sehingga Jerman lolos melaju ke pantai puncak. Sedangkan pada semi final kedua Brazil juga hanya mampu menang tipis 1-0 atas Turki setelah Ronaldo mampu menggetarkan gawang Turki.

sehingga tuan rumah Korea Selatan dan Turki harus rela menjalankan final kelas dua dengan kata lain hanya merebut posisi ke-3, pada pertandingan ini gol dari Hakan Sukur dan dua gol Ilhan Mansiz mampu membuat Turki menjadi juara ke-3 setelah mengkandaskan tuan rumah Korea Selatan 3-2 (gol Korea Selatan diciptakan oleh Lee Eul Yong dan Song Chong Gug). Sedangkan dipartai puncak Brazil mampu menjadi juara setelah dua gol Ronaldo, sehingga der panzer Jerman harus puas sebagai runner-up Piala Dunia 2002 sedangkan Brazil meraih juara untuk ke-5 nya.

PD 2006Piala Dunia 2006 yang dilaksanakan dibenua Eropa tepatnya di negara Jerman, empat negara yang melaju ke babak Semi final adalah Italia, Perancis, tuan rumah Jerman dan Portugal. Pada pertandingan semi final pertama Italia mampu membobol gawang tuan Jerman dengan dua gol melalui Fabio Grosso dan Alessandro Del Piero pada masa perpanjangan waktu karena skor kacamata 0-0 bertahan hingga 2×45 menit waktu normal. Sementara itu semi final kedua antara Perancis melawan Portugal berakhir dengan kemenangan tipis Perancis 1-0 setelah Zinedine Zidane membobol gawang Portugal.

sehingga tuan rumah Jerman dan Portugal harus rela menjalankan final kelas dua dengan kata lain hanya merebut posisi ke-3, tuan rumah mampu merebut tempat ke-3 setelah berhasil mengkandaskan Portugal 3-1 setelah Bastian Schweinsteiger mampu membuat dua gol dan 1 gol dari Petit, sedangkan gol Portugal diciptakan oleh Nuno Gomes. Sedangkan di patai puncak yang mempertemukan antara Italia dan Perancis berakhir imbang 1-1 pada waktu normal gol diciptakan oleh Marco Materazzi (Italia) dan Zinedine Zidane (Perancis) sehingga harus melawati perpanjangan waktu dan adu finalti. Pada babak tos-tosan ini algojo Italia berhasil memasukkan bola sebanyak 5 gol (Andrea Pirlo, Marco Materazzi, Daniele De Rossi, Alessandro Del Piero dan Fabio Grosso), sedangkan algojo perancis hanya mampu memasukkan 3 gol (Sylvain Wiltord, Eric Abidal dan Willy Sagnol), sedangkan David Trezeguet gagal melaksanakan tugasnya, sehingga Perancis harus puas sebagai runner-up Piala Dunia 2006 dan Italia menjadi juara dunia untuk ke-4 kalinya.


TAGS Piala Dunia 2014 Piala Dunia 2002 Piala Dunia 2006 Jepang Korea Selatan Brazil Jerman Turki Italia Perancis Portugal


-

Author

Follow Me